Sekitar 10 tahun yang lalu saya berkenalan dengan MMORPG Ragnarok Online. Salah satu game yang sangat berpengaruh di jagad MMO Indonesia dan kini game tersebut ‘bangkit’ kembali dalam sekuelnya yang berjudul Ragnarok Online 2: The Legend of the Second (RO 2).

Salah satu hal mencolok dari RO 2 adalah peningkatan kualitas gambar yang sekarang menjadi full 3D dan tetap berkesan RO banget. Hal ini memungkinkan gamer melihat indahnya dunia Rune Midgard dari berbagai sisi, entah itu arsitektur kota, beragam jenis monster, hingga tampilan karakter.

Sekarang dunia Rune Migard juga bisa dijelajahi dengan lebih asyik karena kalian bisa berpindah-pindah dari satu titik ke titik lainnya dengan cara terbang. Yup, Kafra kini punya layanan sapu terbang yang bisa mengantarkan kalian ke spot berbeda dalam satu map. Cukup membayar sejumlah uang, dan wuuusshh kalian langsung terbang dibonceng sapu. Untuk kembali ke kota dengan mudah, RO 2 kembali memanfaatkan item klasik "Butterfly Wing". Tentunya kota yang bisa diteleport adalah kota di mana kalian simpan posisi ya.

Ragnarok Online 2: The Legend of the Second (RO 2) Free Download


Free Download Ragnarok Online 2: The Legend of the Second
Ragnarok Online 2


Kustomisasi karakter juga tampil berbeda. Gamer kini bisa mengubah bentuk wajah karakter mereka dan bahkan bisa menentukan bagaimana suara karakternya. Yup, RO 2 mendukung adanya voice character jadi tidak hanya NPC saja yang bisa ngomong beneran, namun karakter gamer juga bisa.

Secara keseluruhan, suara karakter hadir cukup baik walaupun RO 2 Indonesia masih menggunakan dubbing dalam bahasa Inggris.  Tetapi ada beberapa suara NPC yang terasa agak janggal. Tidak gitu pas dengan wajah karakternya.

Job dan class di RO 2 itu beda loh, karena kini RO 2 memperkenalkan sistem profesi, atau yang disebut ‘Job’. Jadi kalian bisa memilih profesi disamping tetap memiliki class utama. Kalian tidak memulai petualangan dari tingkatan novice. Soalnya, kalian bisa menentukan class dan profesi kalian sejak awal. Baik class dan profesi tetap memiliki level yang terpisah. Sekaligus memiliki fungsi yang juga saling mendukung satu sama lain.

Free Download Ragnarok Online 2: The Legend of the Second (RO 2)


Free Download Ragnarok Online 2: The Legend of the Second
Ragnarok Online 2


Untuk class, kalian bisa memilih menjadi Swordman, Mage, Acolyte, Thief, dan Archer. Sedangkan profesi, kalian bisa memilih Blacksmith, Artisan, Chef, dan Alchemist Class tetap memiliki advance class, yang bisa diakses setelah level 25.

Gunanya profesi apa sihh? Tentu saja kalian bisa melakukan crafting, berdasarkan profesi yang kalian pilih. Blacksmith misalnya bisa membuat heavy armor dan semua jenis senjata. Sedangkan cook bisa membuat segala macam makanan, yang bisa menambahkan bonus stat point sementara.

Level class bisa ditingkatkan dengan hunting dan menyelesaikan quest. Sedangkan level profesi bisa ditingkatkan dengan melakukan crafting. Well, kalian bisa mengumpulkan semua bahan crafting dengan mudah kok. Yang sering terjadi malahan level job kalian jauh lebih tinggi dari level class.
0 Komentar untuk "Download Ragnarok Online 2: The Legend of the Second (RO 2)"